Home » » Tahapan Perang Pemikiran

Tahapan Perang Pemikiran

Written By Pusat Al Qur'an Indonesia on Sabtu, 01 Maret 2014 | 00.00

Gazwul fikri telah melalui sejarah yang panjang. Peperangan panjang tersebut memberi pelajaran bahwa ternyata kaum kufar telah memprogram dan merencanakannya dengan sangat detail.

A.Sebelum pendudukan
Sebelum menguasai dan menduduki negeri-negeri Islam mereka telah melakukan usaha-usaha sistematis untuk memuluskan jalan menuju penguasaan penuh pada seluruh aspek kehidupan kaum muslimin. Usaha yang mereka lakukan pada masa itu adalah:
-Orientalisme
Gerakan ilmiah yang berorientasi kebudayaan masyarakat timur. Tujuan mereka beragam. Ada yang murni untuk studi ketimuran, namun kebanyakan ditunggangi kepentingan politik imperialisme. Orientalisme dalam politik imperialis adalah untuk mengetahui celah-celah dan kelemahan masyarakat timur.
-Kristenisasi
Usaha untuk mengkristenkan kaum muslimin dengan berbagai cara, terutama menambal celah dan menutup kelemahan kaum muslimin dengan kepentingan mereka.
-Memutuskan hubungan wilayah-wilayah negera Islam dengan membagi-baginya menjadi negara-negara kecil. Maka, kaum kufar sangat semangat untuk menumbuhkan benih permusuhan di antara negeri-negeri Islam.

B.Masa pendudukan

1.Orientalisme, lebih intens dengan kepentingan imperialisme
2.Kristenisasi, dengan dukungan birokrat dan struktur
3.Memisahkan agama dengan negara. Sebenarnya ini ironis, satu sisi mereka memaksakan agama kristen, namun mereka sendiri tidak mau menerapkan ajaran agamanya dalam praktek kehidupan. Mereka hanya ingin memandulkan agama supaya tidak ada jihad melawan penjajahan.
4.Menyebarkan paham nasionalisme. Wilayah-wilayah yang sudah memisahkan diri dari kekuasaan khilafah Islamiyah menjadi sangat fanatik terhadap negaranya.
5.Meruntuhkan kekhalifahan. Ini terjadi pada tahun 1924 dengan runtuhnya khilafah Utsmaniyah di Turki.

C.Pasca pendudukan

Meskipun kaum imperialis telah meninggalkan negeri-negeri jajahan itu namun pengaruhnya masih sangat kuat. Hal ini ditandai dengan terjadinya berbagai perubahan dalam kehidupan masyarakat, baik di bidang politik, sosial, maupun moral. Penetrasi yang mereka lakukan dalam bidang-bidang tersebut dilancarkan dalam kegiatan:

-Orientalisme
-Kristenisasi
-Atheisme
-Nasionalisme
-Westernisasi

Untuk melancarkan usaha-usahanya, mereka berusaha melakukan penetrasi yang kasar dan berani. Maka masuklah program-program itu ke dalam dunia pendidikan; mulai dari kurikulum hingga pemaksaan jabatan struktural yang strategis bagi orang-orang kristiani. Pers juga mereka manfaatkan dengan menunggang kendaraan yang sudah ada, menerbitkan brosur, koran, majalah, dan tabloid, di samping radio dan televisi. Bahkan mereka juga berhasil melakukan penetrasi ke lembaga-lembaga legislatif hingga hukum dan perundang-undangan pun menyesuaikan kepentingan mereka.

oleh ust. Jasiman Lc.
Share this article :

Poskan Komentar

 
Copyright © 2011. Pusat Al Quran - All Rights Reserved
Template Published by Mas Template Redesigned by Pusatalquran.com,
Proudly powered by Blogger