Home » » Cara Hafal Al Qur’an tanpa Menghafal

Cara Hafal Al Qur’an tanpa Menghafal

Written By RULLY OKTOBERYANTO on Minggu, 08 Desember 2013 | 14.59


Ada 6 kewajiban kita sebagai seorang muslim terhadap Al Qur’an :
  1. Tasdiq (Mengimaninya)
  2. Tilawah dengan baik dan benar
  3. Tadabbur (Mengkaji, memahami isinya)
  4. Tathbiq (Mengamalkannya)
  5. Tabligh (Mendakwahkannya)
  6. Tahfidz (Menghafalnya)
Ternyata ada 6 kewajiban kita terhadap Al Qur’an. Mari kita renungkan dari ke-6 kewajiban tersebut sudahkah kita melaksanakan semuanya?

Pada kesempatan kali ini, kami ingin berbagi tentang kewajiban yang ke enam yaitu Tahfidz (Menghafalnya). Banyak yang beranggapan menghafal Al Qur’an adalah pekerjaan yang sulit. Ini tentu bertentangan dengan yang Allah SWT firmankan di dalam Al Qur’an :

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْءَانَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ

Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan al-Qur’an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran (QS. 54:17, 22, 32, 40)

Pernahkah kita melihat anak-anak kecil yang bahkan belum bisa membaca menyanyikan sebuah lagu dengan fasih ? Padahal orangtuanya tidak pernah mengajarkannya, tapi dia hafal. Kenapa? Ternyata karena sang anak sering mendengar lagu tersebut. Segala sesuatu yang sering kita dengar berulang-ulang maka dengan sendirinya kita akan hafal. Metode ini bisa kita terapkan untuk menghafal Al Qur’an bagi diri kita atau anak yaitu dengan sering mendengarnya berulang-ulang.

Pernahkah kita ketika suatu saat ingin menghafal suatu surat/ayat dalam Al Qur’an lalu kita merasa sudah hafal? Itu karena kita sebelumnya telah sering mendengar ayat tersebut. Mungkin ketika sholat berjamaah, imam di Mesjid sering membaca ayat tersebut, atau mungkin karena kita sering mendengarkan Murottalnya.

Ternyata sangat efektif menghafal Al Qur’an dengan terlebih dahulu sering mendengarkan ayat tersebut. Ini akan mempercepat kita ketika akan menghafalkannya. Bahkan sekarang sudah ada alat bantu Murottal MP3. Jika dulu kita menemukan Murottal MP3 Al Qur’an per surat dari Al Fatihah, Al Baqoroh sampai An Naas. Kini telah ada Murottal Al Qur’an perhalaman, dari halaman 1 sampai halaman 604. Jadi bisa langsung mendengarkan Murottal sesuai halaman Al Qur’an yang ingin kita hafalkan. Murottal Al Qur’an perhalaman bisa didownload gratis, klik download murottal al quran per halaman. Selain  perhalaman juga ada perayat. Sehingga bisa membantu jika kita ingin membuat target hafalan 1-2 ayat saja perhari. Setelah download masukkan kedalam HP / Tablet / Laptop agar bisa sering didengarkan. Inilah cara hafal Al Qur’an tanpa menghafal. Putar terus Murottalnya sesering mungkin maka ini akan memudahkan kita ketika akan menghafal Al Qur’an, bahkan bisa hafal dengan sendirinya.

Selanjutnya perlu ada komitmen kita dengan diri sendiri, yaitu WaktuQu (Waktu Khusus untuk Qur’an). Waktu ini dikhususkan hanya untuk bersama Al Qur’an dan sebisa mungkin tidak diganggu dengan kegiatan lainnya. Tidak perlu lama asalkan istiqomah. Misalnya ½ jam ba’da sholat shubuh, atau Ba’da Sholat magrib sampai isya. Apabila karena suatu alasan WaktuQu ini harus terganggu dengan agenda lain, maka harus ada komitmen dengan diri sendiri, apakah akan menggantinya di waktu lain atau berinfaq.

Semoga kita semua dibariskan Allah SWT dibelakangnya barisannya penghafal Al Qur’an yang senantiasa hidup dengan nilai-nilai Al Qur’an.



Share this article :

+ komentar + 1 komentar

24 September 2014 11.14

doakan saya ya spy smngt bwt ngafal,, klo lagi ngafal suka putus dtngah jalan ,,
oyaa saya save gambarnya ya ,, terimakasih..

Poskan Komentar

 
Copyright © 2011. Pusat Al Quran - All Rights Reserved
Template Published by Mas Template Redesigned by Pusatalquran.com,
Proudly powered by Blogger