Home » » Menjadi Hafizd Al Qur'an cukup 10 menit

Menjadi Hafizd Al Qur'an cukup 10 menit

Written By Pusat Al Qur'an Indonesia on Sabtu, 19 Oktober 2013 | 09.12


Menghapal alquran adalah suatu pekerjaan mulia. Pekerjaan yang mudah bagi yang mau mengerjakannya. Namun terkadang kita mengabaikan pekerjaan ini. Banyak saja alasan untuk tidak menghapalnya. ada yang beranggapan sulit, ada yang sibuk dan banyak lagi alasan lainnya. namun sebenarnya al-quran adalah suatu bacaan yang mudah dan simple untuk di hapal. Hal ini telah allah jelaskan didalam alquran.

 وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْءَانَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِن مُّدَّكِرٍ

artinya: Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan al-Qur'an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran (QS. al-Qamar:17)

Melalui ayat ini dapat kita pahami dengan jelas bahwa Al-Quran adalah bacaan yang ringan yang mampu dibaca oleh semua golongan. 

Sebenarnya ada sebuah modal dasar yang perlu kita miliki untuk meraih cita-cita yang mulia ini. Yaitu perlu adanya sebuah komitmen dan kemauan yang kuat di dalam diri kita untuk menjadi sang penghapal Al-Quran. Tanpa ada keduannya maka mustahil bagi kita untuk melakukan tugas yang mulia ini.

Setelah komitmen dan kemauan ada dalam diri kita. Maka sesibuk apapun waktu yang kita miliki, pasti kita akan mampu untuk melakukannya. Karena Kesibukan bukan menjadi alasan untuk tidak menghafal Al Qur'an, buktinya banyak orang kantoran, para ilmuwan yang sibuk dalam meneliti saint, mereka tetap juga mengahapal alquran. Bahkan anak kecil yang berumur 5 tahun pun mampu menghapal al-quran. Ini bukti kecil bahwa al-quran memang betul-betul mudah dihapal. 

Hanya butuh sedikit waktu yang kita luangkan dalam sehari dalam menghapal ayat Al-Quran.Tidak perlu berburu nafsu dalam menghapalnya, cukup 1 ayat satu hari, insya Allah, Allah akan mudahkan jalan kita. Untuk menghapal 1 ayat per hari cukup luangkan 10 menit setiap sholat kita. Dan ayat yang mau dihapal terus diulang-ulang. Dengan demikian ayat tersebut pasti akan lengket didalam hati. Hal ini sangatlah bermanfaat bagi kita , bahkan lebih bermanfaat daripada menghabiskan waktu 10 Menit di depan televisi hanya untuk iklan" satu huruf alquran allah akan memberi ganjaran dengan sepuluh kebaikan rasulullah bersabda : "Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al Qur’an maka baginya satu hasanah, dan hasanah itu akan dilipatgandakan sepuluh kali. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, namun Alif itu satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf." (HR. At-Turmudzi)

Begitulah ganjaran yang Allah berikan untuk penghapal Al-Quran. Maka tidak kata untuk tidak menghapal, mari kita luangkan sepuluh menit saja untuk menghapal satu ayat. Dan semoga Allah menjadikan kita sebagai kelurganya di dunia dan akhirat. Karna penghapal Quran adalah orang yang istimewa di sisi Allah dan juga keluargnya di muka bumi. 

posted by : sufriadi candra

www.pusatalquran.com


Share this article :

Poskan Komentar

 
Copyright © 2011. Pusat Al Quran - All Rights Reserved
Template Published by Mas Template Redesigned by Pusatalquran.com,
Proudly powered by Blogger