Home » » Cara Tampil cantik Bersama Al-Quran

Cara Tampil cantik Bersama Al-Quran

Written By Pusat Al Qur'an Indonesia on Sabtu, 19 Oktober 2013 | 16.41

Banyak yang mendefinisikan cantik dengan mackup yang tebal. Namun apakah ini makna hakiki dari kecantikan seseorang. Bukankah Allah sendiri tidak memandang seseorang dari kecantikan dan keindahan tubuh seseorang, namun Allah melihat dari apa yang tersimpan di hati, yaitu ketaqwaan kepada Allah SWT. Allah berfirman”


إن أكرمكم عند الله أتقاكم


Artinya “ sesungguhnya manusia yang paling mulia disisi allah adlah yang paling bertaqwa diantara kalian.(QS. Al-hujurat : 13Berkaitan dengan ayat ini, nabi Muhammad SAW bersabda” 



عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَال : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ((إِنَّ اللَّهَ لاَ يَنْظُرُ إِلَى صُوَرِكُمْ وَأَمْوَالِكُمْ وَلَكِنْ يَنْظُرُ إِلَى قُلُوبِكُمْ وَأَعْمَالِكُمْ)). رواه مسلم


Artinya: Dari Abu Hurairah  ia berkata, Rasulullah  bersabda: “Sesungguhnya Allah tidak melihat kepada rupa kalian dan harta kalian akan tetapi Dia melihat kepada hati-hati kalian dan perbuatan-perbutan kalian.” (HR. Muslim)


Jadi tak perlu bersedih dengan wajah yang jelek, atau yang pas-pasan. Buktinya banyak kok ikhwan yang jelek mendapatkan akhwat yang cantik dan begitu pula sebaliknya. Karana kecantikan bukan ukuran dari sebuah kesetiaan, kelembutan, dan keakuran. Namun, kecantikan sejati adalah kecantikan yang terpatri dari sebuah jiwa yang suci. dari jiwa yang dipenuhi oleh cahaya ilahi. yaitu Kecantikan yang sesuai dengan syariah islamiyah. Kecantikan yang rabbani. Namun bagaimana cara kita untuk memancarkan kecantikan itu?. 


Sungguh islam telah mengajarkan kita bagaimana cara memancarkan kecantikan itu. Untuk memancarkan kecantikan diri atau aura. kita hanya di tuntut untuk membaca Alquran, namun tidak cukup hanya sekedar dibaca, akan tetapi perlu adanya pemahaman yang benar terhadap kandungan makna ayat tersebut, beserta pengaplikasian dalam kehidupan nyata atas apa yang dipahami dari ayat tersebut. Allah swt berfirman:


أَفَلاَ يَتَدَبَّرُوْنِ الْقُرْآنَ أَمْ عَلَى قُلُوْبٍ أِقْفَالُهَا (محمد: )٢٤


Artinya: Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran ataukah hati mereka terkunci? (QS muhammad: 24)


Mungkin ada satu Pertanyaan di hati kita, mengapa Al-Quran mampu memoles kecantikan seseorang?. Karna kecantikan menurut alquran selain kecantikan paras adalah kecantikan atau keindahan perangai dan tutur kata, atau dalam kata lain kecantikan moral atau akhlaq. Dan alquran mengjarkan kita akhlaq tersebut, bahkann mengajarkan kita tatkrama kehidupan dan Karana akhlaqlah Allah mengutus Nabinya kepada kaumnya yang ketika itu morat-marit moralnya. Dan Alquran, mengajarkan kepada kita akhlaq-akhlaq yang terpuji untuk kita ikuti.


إنما بعثت لأتم صالح الاخلق


”Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang sholeh”. (HR: Bukhari dalam shahih Bukhari kitab adab, Baihaqi dalam kitab syu’bil Iman dan Hakim).


Jadi, siapa saja yang berakhlaq dengan akhlaqnya Quran, maka akan terpancar di dalam jiwanya sebuah kecantikan yang membuat mata terpana kepadanya. Dan membuat orang lain terpesona olehnya. Bukan kecantikan yang membangkitkan syahwat, dan menambah dosa yang melihatnya. namun kecantikan yang membuat mata teduh, dan hati dingin, dan iman bertambah. Karna Alquran adalah akhlaq nabi Muhammad SAW. Begitulah jawaban Ummahatul Mukminin Aisyah RA ketika ditanya tentang akhlaq Nabi SAW. Maka ia menjawab bahwa akhlaqnya adalah Alquran. 


Posted by sufriadi candra

www.pusatalquran.com

Share this article :

Poskan Komentar

 
Copyright © 2011. Pusat Al Quran - All Rights Reserved
Template Published by Mas Template Redesigned by Pusatalquran.com,
Proudly powered by Blogger